Terbukti Bersalah, Costa Dijatuhi Hukuman Penjara Enam Bulan

Liga Spanyol, Hokigol – Terbukti Bersalah, Costa Dijatuhi Hukuman Penjara Enam Bulan. Striker Atletico Madrid Diego Costa diputus bersalah oleh pengadilan Spanyol terkait kasus penggelapan pajak yang menyebabkan kerugian negara sebesar €1 juta.

Terbukti Bersalah, Costa Dijatuhi Hukuman Penjara Enam Bulan

Costa bersalah karena tak melaporkan pendapatan €5 juta yang diterimanya saat pindah ke Chelsea pada musim panas 2014. Selain itu, Costa juga disebut telah menggelapkan hasil dari hak citranya.

Pada Kamis (4/6) ini, pengadilan Spanyol menjatuhi hukuman penjara enam bulan untuk Costa. Meski demikian, pemain berusia 31 tahun tersebut tidak perlu untuk mendekam di penjara.

Seperti diketahui, hukum di Spanyol membolehkan seorang terdakwa, yang disanksi penjara di bawah dua tahun dalam kasus pelanggaran non-kekerasan, untuk tidak menjalani hukuman penjara tersebut asalkan membayar denda uang.

Dengan demikian, Costa diwajibkan membayar pajak yang belum dibayarnya itu sebesar €1 juta plus denda €500 ribu.

Costa hengkang dari Atletico ke Chelsea setelah klub Liga Primer Inggris itu sepakat menebus klausul pelepasannya senilai £32 juta.

Selama berkarier di Chelsea, Costa terbilang sukses dengan mampu mencetak 59 gol dalam 120 penampilan. Ia juga mampu memenangkan dua titel Liga Primer dan satu Piala Liga bareng The Blues.

Namun, perseteruannya dengan manajer Chelsea saat itu, Antonio Conte, membuat Costa angkat kki dari Stamford Bridge.

Atletico akhirnya merekrut kembali mantan penyerang mereka itu pada September 2017, meski Costa baru bisa bergabung pada awal 2018 karena Los Rojiblancos terkena embargo transfer dari FIFA.

Striker Spanyol kelahiran Brasil ini kemudian sukses merengkuh trofi Liga Europa dan Piala Super Eropa pada 2018, tapi gagal mengulangi performa apiknya seperti periode pertamanya bareng Atleti. Di musim 2019/20, ia hanya mengemas dua gol dalam 19 penampilan.

Costa dkk. kini tengah bersiap melanjutkan kembali La Liga Spanyol yang sempat terhenti karena pandemi virus corona. La Liga dijadwalkan melanjutkan kampanye musim ini tanpa penonton pada 11 Juni, diawali dengan derbi antara Sevilla dan Real Betis. Adapun Atletico akan menghadapi Athletic Bilbao pada 14 Juni.

Armada Diego Simeone saat ini tertahan di urutan keenam klasemen, tertinggal 13 poin dari Barcelona di puncak klasemen.

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.