Wasit Asal Ghana Ini Dihukum FIFA Seumur Hidup

Gosip Bola, HokiGol – FIFA mengeluarkan keputusan mengejutkan, Senin (20/3/2017). Wasit asal Ghana, Joseph Lamptey dihukum seumur hidup tidak boleh terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola.

Wasit Asal Ghana Ini Dihukum FIFA Seumur Hidup

“Lamptey dilarang terlibat dalam semua kegiatan yang berhubungan dengan sepakbola (administrasi, olahraga dan lainnya) di level nasional maupun internasional,” bunyi pernyataan resmi FIFA, Senin (20/3/2017).

Sanksi tegas tersebut dijatuhkan kepada Joseph Lamptey karena dianggap memanipulasi pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Afrika Selatan melawan Senegal pada 12 November 2016 lalu.

Pada pertandingan itu, Afrika Selatan menang 2-1 dengan dua gol tercipta beberapa menit sebelum babak pertama usai. Senegal hanya mampu mencetak satu gol balasan di babak kedua.

Penalti yang diberikan Joseph Lamptey yang kemudian jadi gol pembuka Afrika Selatan dianggap sebagai keputusan yang sangat keliru.

Meski demikian, hasil pertandingan tetap diakui di mana Afrika Selatan dan Senegal berada di bawah Burkina Faso dalam penyisihan Grup D kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika.

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.