Valtteri Bottas Raih Trofi Perdana di F1 GP Rusia

Formula 1, HokiGol – Pembalap Finlandia Valtteri Bottas meraih trofi pertama dalam karirnya di Formula 1 setelah tampil luar biasa dari start ketiga untuk menjuarai Grand Prix Rusia, Minggu (30/4).

Valtteri Bottas Raih Trofi Perdana di F1 GP Rusia

Pembalap Mercedes itu harus berjuang menahan gempuran juara dunia empat kali Sebastian Vettel di dalam mobil Ferrari pada putaran-putaran terakhir karena ban mobilnya sempat terkunci yang merapatkan jarak mereka.

Bottas, 27, direkrut Mercedes Januari lalu untuk menggantikan juara dunia 2016 Nico Rosberg yang mendadak mengundurkan diri.

Grand Prix Rusia adalah balapannya yang ke-81 sejak terjun ke Formula 1, dan yang keempat bersama Mercedes.

“Saya merasa senang, namun kemenangan pertama ini masih agak terasa tidak nyata,” kata Bottas.

“Semoga ini yang pertama dari banyak kemenangan nantinya. Ini jelas salah satu balapan terbaik saya jadi rasanya menyenangkan dan saya bahagia.”

Dari posisi ketiga, Bottas langsung menyalip duo Ferrari Kimi Raikkonen dan Vettel ketika start dilakukan. Vettel kemudian mengakui bahwa dia memang tak bisa menandingi akselerasi Bottas.

Sebelumnya Bottas pernah finis podium 11 kali namun belum sekalipun menang.

Dia juga nyaris gagal di Sirkuit Sochi Autodrom karena melakukan kesalahan yang membuat mobilnya terkunci di tikungan 13 pada penghujung balapan.

“Itu tak masalah, namun yang utama bagi saya adalah mobil-mobil yang sudah tertinggal satu putaran, tidak mudah menyalip mereka,” kata Bottas.

“Dalam beberapa peristiwa saya tidak senang, dan sempat terkunci ketika masih ada 10-15 putaran sehingga mengurangi laju mobil, namun terlepas dari itu semuanya baik-baik saja.”

“Dan memang benar, saya meminta radio dimatikan dari pit-wall agar bisa fokus.”

Bottas adalah warga Finlandia kelima yang pernah menang grand prix Formula 1.

Dia melakukan debutnya bersama tim Williams pada 2013 dan empat tahun membela tim asal Inggris tersebut.

“Butuh waktu cukup lama (untuk menang), lebih dari 80 balapan bagi saya. Namun ini jelas layak ditunggu,” kata Bottas.

Vettel finis kedua di depan rekan setimnya Kimi Raikkonen, yang terakhir merebut podium di Austria tahun lalu.

Pembalap Mercedes lainnya, Lewis Hamilton, mengalami kesulitan akibat mesin yang terlalu panas dan akhirnya finis keempat.

“Start yang kami lakukan mungkin seimbang dengan Valtteri,” kata Vettel yang menempati pole position. “Mungkin dia bisa mendapat sedikit momentum. Tarikannya luar biasa.”

“Saya mempertahankan sisi dalam, namun ketika kami masuk area pengereman, dia sudah di depan dan menutup pintu bagi saya. Di situlah kemenangannya ditentukan.”

Jangan sampai ketinggalan berita motor sports terbaru lainnya.