Torino Tahan Imbang Juventus

Italia, HokiGol – Juventus sebenarnya bisa mengunci gelar scudetto dengan mengalahkan Torino pada partai pekan ke-35 Serie A – kasta teratas Liga Italia – di Turin, Sabtu (6/5/2017). Syaratnya, AS Roma gagal mengalahkan tuan rumah AC Milan di San Siro satu hari berselang atau Minggu (7/5/2017).

Torino Tahan Imbang Juventus

Akan tetapi, kesempatan itu dilewatkan Juventus seiring ditahan 1-1 dengan Torino. Hasil ditentukan oleh gol Adem Ljajic dan Gonzalo Higuain.

Hasil imbang terasa menyesakkan buat Juventus karena sang lawan cuma melepaskan dua tembakan jitu sepanjang laga dan tampil dengan sepuluh pemain sejak menit ke-57.

Sebaliknya, Juventus yang menebar 18 tembakan, tujuh di antaranya tepat sasaran, justru gagal menciptakan satu pun gol.

Ancaman pertama dari Juventus datang pada menit kesepuluh. Diawali sepak pojok Paulo Dybala, bola meluncur ke kotak penalti, tetapi gagal disambut oleh Leonardo Bonucci dan Sami Khedira.

Lima menit berselang, sepak pojok tim beralias I Bianconeri kembali memicu situasi bahaya. Kali ini, mereka masih kurang beruntung karena bola tandukan Medhi Benatia membentur mistar.

Selain ketidakberuntungan, kegagalan Juventus membuka skor turut dilatarbelakangi aksi impresif Joe Hart di bawah mistar Torino. Penjaga gawang asal Torino itu sempat menggagalkan upaya Stephan Lichtsteiner dan Paulo Dybala dalam 15 menit terakhir paruh pertama.

Sebaliknya, Torino lebih hoki meskipun tidak melepaskan satu pun tembakan jitu sebelum jeda. Peluang pertama mereka langsung membuahkan hasil tujuh menit setelah sepak mula babak kedua.

Tendangan bebas Adem Ljajic mengarah tepat ke pojok gawang, sedangkan Neto tak sempat bergerak untuk melakukan antisipasi.

Ketinggalan satu gol mendorong pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, untuk memasukkan Gonzalo Higuain. Dia menggantikan Stefano Sturaro pada menit ke-56.

Satu menit setelahnya, Juventus juga mendapatkan angin segar karena Afriyie Acquah diganjar kartu kuning kedua. Pemicunya adalah pelanggaran keras terhadap Mario Mandzukic.

Hanya, komposisi lini serang terbaik plus keunggulan jumlah pemain tidak mampu dimaksimalkan oleh Juventus. Serangkaian upaya mereka menuai kegagalan, salah satunya ketika Hart menepis bola sontekan Bonucci pada menit ke-78.

Baru pada masa injury time, I Bianconeri mencetak gol penyeimbang lewat Higuain. Striker asal Argentina itu menerima sodoran dari Miralem Pjanic, kemudian melakukan tembakan voli dari luar kotak

Skor 1-1 pun terpampang saat peluit panjang. Kekalahan ini tidak mengubah status Juventus sebagai pemuncak tabel dengan koleksi 85 poin dari 35 laga.

Secara matematis, mereka belum menjadi juara karena cuma unggul delapan angka atas Napoli yang sudah melakoni 35 partai, dan sepuluh poin atas AS Roma yang punya tabungan satu laga.

Dengan begitu, gelar scudetto baru bisa ditentukan pada pekan ke-36. Juventus akan melawat ke markas AS Roma, Stadion Olimpico, Minggu (14/7/2017).

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.