Stephen Curry Dipastikan Akan Absen di Olimpiade

Basket, Hokigol – Bintang Golden State Warriors, Stephen Curry, tidak dapat memperkuat skuat Amerika Serikat untuk Olimpiade 2016. Curry beralasan ingin menyembuhkan cederanya.

Point guard berusia 28 tahun itu melewatkan empat pertandingan di post season karena cedera lutut. Curry lantas comeback pada 9 Mei lalu untuk mengantar Warriors memimpin 2-0 atas Cleveland Cavaliers di Final NBA.

Stephen Curry Dipastikan Akan Absen di Olimpiade

Absennya Curry jelas amat disayangkan. Curry menjadi salah satu pemain yang paling dinantikan aksinya setelah tampil begitu impresif dalam dua musim terakhir, yang membuat dia terpilih sebagai Most Valuable Player dua musim beruntun.

Sebelum Curry, pemain-pemain NBA All Stars seperti Chris Paul, Blake Griffin [LA Clippers] dan Anthony Davis [New Orleans Pelicans] juga menarik diri dari pertimbangan tim AS.

“Setelah mempertimbangkan masak-masak dan berdiskusi dengan keluargaku, Warriors, dan agen-agenku, aku memutuskan menarik namaku dari daftar pemain eligible di skuat sementara AS untuk Olimpiade musim panas 2016 di Brasil,” bunyi pernyataan Curry yang dirilis Warriors.

“Aku baru-baru ini telah menginformasikan [managing director tim AS Jerry Colangelo] keputusan ini,” sambung dia yang dikutip USA Today.

Curry dua kali menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Basket 2010 dan 2014 dan meraih perak di Kejuaraan Dunia Basket U-19 pada 2007. Namun, dia mesti absen di Olimpiade pertamanya.

“Pengalaman-pengalamanku sebelumnya dengan tim AS begitu bermanfaat, mendidik, dan sangat menggembirakan, sehingga ini adalah keputusan yang sangat sulit buatku dan keluargaku,” lanjut Curry.

“Tapi sehubungan dengan sejumlah faktor — termasuk cedera pergelangan kaki dan lutut belakangan ini — aku percaya ini adalah keputusan terbaik bagikku di tahap karierku sekarang. Adalah sebuah kehormatan besar mewakili negara sendiri dan mengenakan ‘USA’ di dada, tapi prioritasku di musim panas ini adalah fokus pada tubuhku dan mempersiapkan diri untuk musim NBA 2016-17.”

Pelatih AS Mike Krzyzewski akan mengumumkan 12 pemain yang akan dibawanya ke Rio de Janiero pada bulan ini.

Jangan sampai ketinggalan berita basket terbaru lainnya.