Tenis, HokiGol – Babak keempat Australia Terbuka berlanjut hari Senin (23/1). Di antara petenis yang berlaga, ada Serena Williams dan Rafael Nadal yang memburu tiket lolos.

Serena, yang merupakan unggulan kedua di sektor putri, kini jadi favorit utama untuk membawa pulang gelar juara. Itu tak lepas dari tersingkirnya sang juara bertahan yang juga petenis peringkat satu dunia, Angelique Kerber.

Serena dan Nadal Berburu Lolos ke Perempatfinal

Langkah Kerber di Australia Terbuka tahun ini hanya sampai babak keempat. Dalam pertandingan hari Minggu (22/1/2017) kemarin, petenis asal Jerman itu kalah 2-6, 3-6 dari Coco Vandeweghe.

Serena sendiri punya kans besar untuk lolos ke perempatfinal. Di babak keempat, Serena akan menghadapi unggulan ke-16, Barbora Strycova.

Serena unggul 2-0 dalam head-to-head atas Strycova. Kemenangan terakhir dibukukan Serena di Wimbledon 2012 lalu di mana petenis asal Amerika Serikat itu menang 6-2, 6-4 atas Strycova.

“Dia sangat fit. Dia punya permainan bagus. Dia sangat agresif, jadi akan menyenangkan bermain melawannya. Saya tidak harus membuktikan apapun di turnamen ini. Hanya, kau tahu, melakukan yang terbaik sebisa mungkin,” ucap pemilik 22 gelar grand slam itu.

Masih dari sektor putri, unggulan kelima Karolina Pliskova akan menghadapi jagoan tuan rumah, Daria Gavrilova. Sementara unggulan kesembilan Johanna Konta akan melawan Ekaterina Makarova. Petenis kualifikasi, Jennifer Brady, sudah ditunggu petenis kejutan lainnya, Mirjana Lucic-Baroni.

Dari sektor putra, persaingan kian terbuka setelah unggulan teratas Andy Murray tersingkir di babak ketiga, menyusul unggulan kedua Novak Djokovic yang sudah lebih dulu angkat koper.

Milos Raonic, unggulan ketiga, kini jadi petenis unggulan tertinggi di sektor putra. Di babak ketiga, Raonic akan menghadapi Roberto Bautista Agut.

Sementara itu, upaya Nadal untuk mengejar gelar grand slam yang ke-15 akan mendapat ujian dari unggulan keenam Gael Monfils. Menghadapi Monfils, Nadal punya modal keunggulan head-to-head yang cukup telak yakni 12-2.

Kepercayaan diri Nadal juga tengah melambung menyusul performanya yang kian membaik. Moral petenis asal Spanyol itu terdongkrak oleh kemenangan dalam pertarungan lima set atas Alexander Zverev di babak ketiga.

“Itu jelas adalah hasil penting untuk saya. Dalam beberapa pertandingan terakhir saya kalah, pertandingan di set kelima. Jadi penting bagi saya untuk memenangi pertandingan seperti ini, (ketika saya) tertinggal 1-2. Saya sangat senang,” ujar Nadal.

Dari pertandingan lainnya, unggulan kedelapan Dominic Thiem akan berebut tiket perempatfinal dengan David Goffin. Sementara Denis Istomin yang menyingkirkan Djokovic di babak kedua akan menantang unggulan ke-15, Grigor Dimitrov.

Jangan sampai ketinggalan berita tenis terbaru lainnya.