Sebastian Vettel Juara di Grand Prix Bahrain

Formula 1, HokiGol – Pembalap Ferrari Sebastian Vettel meraih trofi keduanya musim ini setelah tampil sempurna di Grand Prix Bahrain mengalahkan juara dunia Lewis Hamilton yang terkena penalti lima detik akibat insiden pitstop, Minggu (16/4) waktu setempat.

Vettel Juara di Bahrain Tapi Hamilton Kena Penalti

Vettel menerapkan strategi dua kali pitstop dalam balapan itu dan sukses mengungguli pasangan Mercedes Hamilton dan Valtteri Bottas, si pemegang pole position Bahrain.

Pembalap Jerman itu memulai dari posisi tiga namun di putaran pertama berhasil menyalip Hamilton dan kemudian terus menekan Bottas.

Dia pembalap pertama yang mengganti ban pada putaran ke-10, dan rupanya sangat menguntungkan karena tiga putaran kemudian terjadi tabrakan antara pembalap Williams Lance Stroll dan pembalap Toro Rosso Carlos Sainz, yang memicu safety car masuk trek.

Setelah itu sebagian besar pembalap ramai-ramai masuk pitlane untuk mengganti ban, termasuk duo Mercedes. Tahu bahwa dia harus menunggu giliran setelah Bottas, Hamilton melambatkan mobilnya di jalur pitlane dan tindakannya itu menghambat laju pembalap Red Bull Daniel Ricciardo yang juga hendak mengganti ban.

Stewards menyelidiki insiden itu dan memutuskan penalti lima detik bagi Hamilton ketika balapan masih berlangsung. Vettel diuntungkan dengan pitstop massal tersebut untuk mengambil alih pimpinan lomba saat dilakukan restart pada putaran ke-17.

Vettel, pemenang seri pembuka di Australia, akhirnya menyelesaikan balapan 6,66 detik di depan Hamilton, yang merebut posisi kedua dari Bottas. Pembalap Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen, berada di posisi keempat, unggul 16 detik atas Ricciardo.

Nasib sial dialami bintang muda Red Bull Max Verstappen yang mengalami kerusakan rem dan mobilnya menghantam pagar sehingga balapannya berakhir di putaran ke-11.

Pembalap veteran Williams Felipe Massa adalah pembalap terbaik di luar tiga tim besar tersebut untuk finis keenam. Di belakangnya adalah pembalap Force India Sergio Perez yang tampil cukup atraktif dari posisi start le-18.

Romain Grosjean meraup poin pertama untuk tim Haas musim ini dengan finis kedelapan, di depan pembalap Renault Nico Hulkenberg.

Untuk ketiga kalinya secara beruntun, pembalap Force India Esteban Ocon finis kesepuluh musim ini, unggul 24 detik atas pembalap Sauber Pascal Wehrlein yang gagal meraih poin.

Jangan sampai ketinggalan berita motor sports terbaru lainnya.