Rossi Merasa Tiap MotoGP Pasti Beresiko

MotoGP, HokiGol – Rider Terkemuka Yamaha Valentino Rossi mengakui bahwa setiap sirkuit MotoGP tidak akan pernah benar-benar aman, karena kendala yang ada di berbagai tempat dan cakupan untuk insiden yang ganjil.

Sebelum kecelakaan tragis yang menewaskan Luis Salom di Turn 12 di Sirkuit de Catalunya, sudut tersebut tidak dianggap menimbulkan cukup risiko baik yang dirombak di area tersedia yang dibatasi, maupun yang dihindari sama sekali.

Kecelakaan Nico Antonelli Moto3 pada turn yang sama pada tahun 2014 menyebabkan pemasangan pagar udara, yang mana tidak cukup untuk kasus jatuhnya Salom yang sangat unik.

Rossi Merasa Tiap MotoGP Pasti Beresiko

Setelah grand prix 2014 di Barcelona, para rider MotoGP sempat sebentar mengambil sampel tata letak Formula 1 tapi lebih memilih untuk tetap dengan konfigurasi motor grand prix yang sudah ada.

Layout F1 kemudian diadopsi untuk keseimbangan dari balapan akhir pekan lalu setelah kecelakaan Salom. Rossi menyadari jika Turn 12 memanglah “berbahaya” tetapi bukan itu saja yang ada dalam jadwal penyajian risiko serius.

“Jika aku sedikit berpikir lagi, aku bisa memberikan minimal 10 sudut yang berbahaya,” katanya. “Motegi, Turn 4, misalnya. Merupakan area yang kami kunjungi setiap tahunnya dan kami mengatakan ‘kami perlu lebih banyak run – off’,” ungkapnya lagi.

Menurut dia, jika memeriksa kondisinya. Kita tidak dapat memperluas area run – off, inilah kenyataannya. “Aku ingat di Jerez beberapa tahun lalu, Roberto Locatelli mengalami kecelakaan di pintu keluar dari Turn 10. Kemudinya terjebak ke kiri dan ia mengarah ke dinding di sebelah kiri di tempat yang lurus. Di tempat di mana itu lurus, sangat tidak mungkin untuk menjadikan 100 meter area run – off,” imbuhnya lagi.

Ia juga menambhakan jika mereka harus balapan di padang gurun. Mungkin Qatar adalah satu – satunya tempat yang OK, [tapi Marc] Marquez mencoba memulai tahun ini dan ia mengunci bagian depan dan ia malah mengarah ke kiri.

“Sangat sulit untuk mengadakan balapan yang 100% aman. Sayangnya itu adalah sesuatu yang tidak bisa diperbaiki,” jelasnya.

Jangan sampai ketinggalan berita motor sports terbaru lainnya.