Tenis, HokiGol – Juara empat kali di Melbourne, Roger Federer tampilkan performa terbaiknya di Rod Laver Arena hari Jum’at (20/01) malam dan mendapatkan standing ovation dari para penonton usai memastikan diri tampil di babak keempat Australian Open.

Roger Federer Lolos Ke Babak Keempat Australian Open

Dalam pertandingan ketiga sejak pertengahan Juli 2016, tanpa ampun Federer melampaui petenis unggulan ke-10, Tomas Berdych dengan hasil 6-2, 6-4, 6-4 hanya dalam 90 menit saja. Itu adalah pertemuan ketujuh mereka di Grand Slam dan Federer unggul dengan 5-2.

“Saya tidak pernah menduga hasilnya seperti itu, terutama tidak dengan skornya.,” ungkap Federer. “Terutama tidak harus mengamankan break point satu pun, hanya mengandalkan servis saja. Itu adalah kejutan besar bagi saya. Saya pikir pertandingan itu merupakan tes mental yang ampuh bagi saya untuk membuktikan apakah saya bisa bertahan dalam suatu pertandingan, poin demi poin. Dan saya mampu melakukannya. Itulah mengapa saya begitu senang saya mampu melakukannya. Luar biasa.”

Dengan penampilan kelas masternya, Federer menekan Berdych, membuatnya terus berada di belakang area baseline, dan tidak mampu mengembangkan permainannya. Federer semakin mengontrol Berdych setelah break ketiga di awal set kedua. Berdych terlihat tidak berdaya menghadapi backhand dan servis pertama Federer, serta dominasinya di area net .

Kemenangan itu memastikan Federer untuk menghadapi Kei Nishikori di babak 16 besar, setelah Nishikori menyisihkan petenis peringkat 121, Lukas Lacko dengan 6-4, 6-4, 6-4 dalam waktu 2 jam 11 menit.

“Saya penggemar berat permainan Kei,” ungkap Federer yang unggul atas Nishikori dalam head to head mereka dengan 4-2.

“Ia memiliki salah satu backhand terbaik. Saya menyukai cara Kei melakukannya ke arah garis atau secara menyilang. Ia juga memiliki pengembalian servis kedua yang luar biasa. Langkah kakinya cukup cepat dan ia memiliki kekuatan pikiran yang kuat. Saya tahu seberapa kuat ia ketika pertandingan berlangsung. Ia akan menemukan ritmenya dan sulit untuk dihentikan,” komentar Federer tentang lawannya di babak keempat.

Jangan sampai ketinggalan berita tenis terbaru lainnya.