Gosip Bola, HokiGol – Gelandang Leicester City, Riyad Mahrez dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika oleh Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) pada Kamis (5/1/2017) waktu setempat.

Pemain asal Aljazair itu mendapatkan 361 suara, mengungguli pesaing terdekatnya Pierre-Emerick Aubameyang (313 suara) dari Borussia Dortmund dan Sadio Mane (186 suara) dari Liverpool.

Riyad Mahrez Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Afrika

Mahrez terpilih berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan diantara para pelatih timnas Afrika, direktur teknik dan ahli dari media yang berpedoman kepada suksenya pemain 25 tahun itu membawa klubnya Leicester menjadi kampiun Liga Inggris musim 2015/16.

“‘Penyihir’ asal Aljazair Mahrez menjalani tahun yang layak dikenang. Ia merupakan salah satu aktor kunci ketika Leicester menciptakan kejutan tahun ini, mencetak 17 gol dalam prosesnya,” tulis pernyataan CAF yang dikutip Covesia, Jumat (6/1/2016).

Mahrez merupakan pemain kelahiran Prancis ketiga yang memenangi penghargaan ini, setelah Frederic Kanoute dan Aubameyang, dan pemain internasional Aljazair ketiga sejak Lakhdar Belloumi pada 1981 dan Rabah Madjer pada 1987.

Ini merupakan ketujuh kalinya dalam sembilan tahun, pemenang penghargaan ini datang dari klub Liga Inggris.

“Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan setim di Leicester dan Aljazair dan para pelatih saya. Ini merupakan suatu kehormatan besar untuk saya,” kata Mahrez setelah menerima penghargaan itu.

Pemain Manchester City Kelechi Iheanacho terpilih sebagai Pemain Afrika dengan bakat paling menjanjikan, dan pemain Arsenal Alex Iwobi memenangi penghargaan Pemain Muda Terbaik Afrika.