Rio Haryanto Terancam Cuma Membalap F1 Hingga Seri ke-11

Formula 1, HokiGol – Pebalap Formula 1 (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, terancam tak bisa menyelesaikan balapan hingga akhir musim. Sebab, pembalap Manor Racing ini masih terkendala dengan biaya.

Permasalahan dana menjadi polemik tersendiri bagi Rio di ajang balapan jet darat ini. Pebalap berusia 23 tahun itu memang berstatus pay driver, di mana dia harus menyetorkan dana untuk bisa mendapat satu kursi di sebuah tim.

Rio Haryanto Terancam Cuma Membalap F1 Hingga Seri ke-11

Rio saat ini masih menyisakan bayaran kepada Manor sekitar 7 juta dolar AS. Sulitnya mencari sponsor, membuat posisi Rio terancam dan Manor pun sudah memberikan batas waktu kepada dia untuk bisa melunasi sisa pembayaran.

Manajer tim Manor, Piers Hunnisett, menyatakan dana yang sudah diberikan Rio kepada tim hanya untuk balapan hingga seri ke-11. Dia juga berharap ada calon sponsor dan pejabat pemerintah Indonesia, yang bisa menjadi jalan keluar dari permasalahan ini.

“Sponsor telah membayar semua dana yang dia butuhkan sampai balapan ke-11 mendatang. Tidak ada masalah sampai sejauh itu, dan segalanya telah dibayar penuh. Ini sebuah proses di indonesia dengan pemerintah,” kata Hunnisett, seperti dilansir Reuters.

“Saya pikir dalam dua pekan mendatang, dan mudah-mudahan sebelum balapan di Kanada (baIapan ketujuh) kami akan mendapat konfirmasi,” sambung dia.

Kondisi itu juga yang membuat, Menpora berinisiatif untuk menggagas pengumpulan dana melalui SMS, kerja sama dengan beberapa operator seluler di Tanah Air. Dengan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan Rio, Hunnisett menyangkan bila pembalap Indonesia pertama di F1 itu gagal menyelesaikan balapan.

“Berita Rio di Indonesia sangat hebat, seluruh kementerian mendukungnya. Demikianpula media dan publik. Itu sebabnya sangat disayangkan kalau Rio tidak dapat melanjutkan balapan sampai akhir. Ada kemungkinan Pertamina (sponsor utama) akan memberikan tambahan dana,” ujarnya.

Sementara itu, Rio sendiri menyatakan bila manajemennya sudah berusaha keras untuk mendapatkan dana tambahan. Pembalap yang belum meraih poin dalam lima seri ini, mengaku hanya fokus dalam membalap

“Manajemen saya telah bekerja keras untuk mendapatkan dana supaya saya dapat membalap hingga akhir nanti,” kata Rio jelang persiapan balapan GP Monaco pada Minggu 29 Mei 2016.

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.