PSG Bisa Beli Neymar Tanpa Langgar FFP

GosipBola, HokiGol – Neymar disinyalir bakal segera memecahkan rekor sebagai pemain termahal dunia, setelah Paris Saint-Germain kabarnya siap membayar klausul rilis sang pemain senilai 222 juta euro.

PSG Bisa Beli Neymar Tanpa Langgar FFP?

Laporan itu mengejutkan dunia sepakbola. Pasalnya, UEFA telah menggunakan peraturan Financial Fair Play sejak 7 tahun lalu untuk membatasi pengeluaran klub-klub Eropa. Lalu, sebagaimana Paris Saint-Germain dapat menggunakan begitu banyak dana untuk mendatangkan Neymar dan terbebas dari sanksi?

Dari laporan yang dilansir The Guardian, aturan FFP memperbolehkan sebuah tim untuk ‘melunasi’ biaya kepindahan sang pemain sepanjang periode kontrak yang disepakati. Berarti, Biaya transfer masif Neymar bisa dilunasi Paris Saint-Germain dalam pembukuan mereka sepanjang lima atau enam tahun, bergantung pada kontrak sang pemain.

Selain itu, kabar yang sebelumnya berhembus di Spanyol melaporkan bahwa Neymar bakal memperoleh dana segar sebesar 200 juta pounds dari pihak Qatar, yang bakal menjadikan bintang timnas Brasil itu sebagai duta Piala Dunia 2022. Dan dengan dana itu, sang pemain diyakini bakal menebus sendiri klausul kontraknya, tanpa ada kaitannya dengan Paris Saint-Germain.

Meskipun begitu, Paris Saint-Germain harus tetap waspada mengingat kepindahan dengan dana sebesar itu pastinya takkan lolos dari investigasi UEFA begitu saja. Badan sepakbola tertinggi Eropa tersebut bisa jadi bakal melakukan pemeriksaan mendetail untuk memastikan transfer Neymar tidak melanggar peraturan.

Selain itu, ada juga kemungkinan bahwa apabila memang terbukti melanggar, UEFA tak hanya bisa menghukum raksasa asal Prancis itu dengan denda, tetapi juga melarang mereka tampil di ajang antarklub Eropa.

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.