Pembalap Tewas, Trek Catalunya Diubah ke Jalur F1

MotoGP, Hokigol – Jalur trek untuk balapan MotoGP, Moto2, dan Moto3 pada Grand Prix Catalunya akhir pekan ini akan diubah mengikuti jalur yang biasa dipakai dalam balapan Formula 1 di sirkuit yang sama, menyusul kecelakaan yang menewaskan Luis Salom di sesi latihan, Jumat (3/6).

Pembalap Tewas, Trek Catalunya Diubah ke Jalur F1

Seperti diketahui, Sirkuit Catalunya adalah tuan rumah MotoGP dan Formula 1 setiap tahunnya, namun dengan jalur yang berbeda.

Keputusan mengikuti jalur F1 ini diambil akibat kecelakaan fatal pembalap Moto2 Salom di tikungan ke-12 ke arah kanan, tepat sebelum tikungan terakhir.

Setelah insiden itu para pembalap MotoGP mengungkapkan kekhawatiran tentang tikungan ke-12, di mana tidak tersedia lahan kerikil atau gravel di pinggir trek untuk memperlambat laju motor ketika terjadi kecelakaan.

Permukaan di luar trek tikungan itu hanya berlapis aspal.

Atas alasan tersebut, setelah dilakukan pertemuan Komite Keselamatan, para pembalap nantinya akan memakai jalur yang dipakai F1 sejak 2007 yang memakai chicane (tikungan ganda) untuk menghindari tikungan ke-12.

Jalur F1 di sirkuit itu juga memangkas panjang tikungan ke-10 yang bertipe hairpin (putar balik) di ujung lintasan lurus dengan lapiran aspal di luar trek yang lebih luas.

Dengan jalur yang berubah ini, panjang trek sedikit berkurang dari 4,727 km menjadi 4,655 km. Para pembalap MotoGP pernah secara singkat menjajal layout seperti ini pada uji coba 2014.

Agar para pembalap bisa lebih membiasakan diri dengan jalur yang baru, sesi latihan bebas hari Sabtu (4/6) ini akan diperpanjang menjadi 1 jam.

Jangan sampai ketinggalan berita motor sports terbaru lainnya.