Murray Sabet Penghargaan Atlet Terbaik Inggris

Tenis, HokiGol – Andy Murray terpilih sebagai atlet terbaik Inggris menurut voting yang dilakukan oleh Telegraph Sport. Petenis asal Dunblane tersebut mengakhiri musim ini dengan menduduki peringkat 1 dunia setelah melewati musim yang begitu memukau.

Murray Sabet Penghargaan Atlet Terbaik Inggris

Tahun ini, Murray berhasil mengoleksi medali emas Olimpiade kedua, gelar Wimbledon kedua, dan gelar ATP Finals pertama, ditambah dengan gelar lain yang didapatnya di Roma, Queens, Beijing, Shanghai, Vienna, dan Paris. Murray adalah satu-satunya petenis yang berada di antara atlet peringkat 50 besar dalam voting yang dilakukan Telegraph.

Murray mencetak sejarah pada tahun 2013 ketika ia mengakhiri penantian 77 tahun dengan menjadi petenis Inggris pertama yang memenangkan gelar Wimbledon. Ia memenangkan dua gelar Grand Slam lainnya, yakni US Open tahun 2012 dan Wimbledon tahun 2016. Ia juga menjadi petenis pertama yang memenangkan dua medali emas Olimpiade, termasuk di Olimpiade Rio de Janeiro.

Voting tersebut melibatkan 7000 pembaca Telegraph, koresponden surat kabar Inggris, dan 13 ahli di bidang olahraga, termasuk Ryan Giggs, Michael Vaughn, Baroness Grey Thompson, James Cracknell, dan Denise Lewis.

“Saya sangat terhormat menerima penghargaan ini. Sungguh luar biasa rasanya ketika anda dipilih oleh publik dan panel yang terdiri dari orang-orang di bidang olahraga dan para jurnalis yang saya kagumi dan hormati. Mengagumkan melihat nama-nama yang ada di daftar dan melihat bagaimana suksesnya olahraga Inggris, tidak hanya sekarang, tetapi juga dari bertahun-tahun yang lalu. Hal itu membuat anda bangga bisa mewakili negara anda,” ungkap Murray.

Ibu Murray, Judy mewakili Murray untuk menerima penghargaan tersebut, karena Murray tengah berada di Miami untuk menjalani latihan selama dua pekan guna mempersiapkan diri jelang musim yang akan datang.

“Ini prestasi yang luar biasa dan penghargaan yang mengagumkan. Prestasi Andy telah begitu meluas di dunia olahraga secara global dan tentunya di dunia tenis. Semuanya mengenai konsistensi dari penampilan kelas dunia setiap pekannya, dan ia bermain di era ketika para petenis terkuat ada,” jelas Judy.

Murray mengatakan bahwa ini baru awalnya saja dan masih banyak yang ingin dicapainya di tahun yang akan datang.

“Tahun ini telah menjadi tahun yang luar biasa, tetapi masih banyak peningkatan yang bisa saya lakukan dan saya menantikan untuk kembali ke lapangan tahun 2017,” tambah Andy.

Mantan pelari cepat Inggris yang memenangkan medali perak nomor 200 meter di Olimpiade Sydney, Darren Campbell yang berada di panel para ahli dan ikut menentukan 100 atlet terbaik, menyatakan, “Berada di peringkat tiga besar dunia akan cukup bagi sebagian orang, tetapi tidak bagi Andy. Keberhasilannya mencapai peringkat 1 adalah tentang mengubah kesulitan menjadi kesuksesan.”

Sementara, Sir Ian McGeechan menyatakan bahwa kedewasaan mental merupakan kunci bagi Murray dalam meraih kesuksesan tingkat dunia. “Kita sering melupakan bagaimana ketangguhan mental bisa tumbuh melalui olahraga. Kita telah banyak melihat atlet yang dewasa tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara mental, dan Andy adalah atlet nomor 1 yang luar biasa.”

Jangan sampai ketinggalan berita tenis terbaru lainnya.