Mercedes Akan Pangkas Berat Mobil W08

Formula 1, HokiGol – Tim Meredes F1 kini tengah bekerja keras untuk mengurangi bobot mobil baru mereka, Mercedes W08, karena dianggap terlalu berat dan hampir mendekati batas maksimum untuk berat mobil balap.

Mercedes Akan Pangkas Berat Mobil W08

Mobil yang terlalu berat ditengarai menjadi salah satu penyebab lain dari kegagalan Lewis Hamilton meraih podium juara di GP Australia akhir pekan kemarin. Di mana mobil yang terlalu berat membuat ban cepat mengalami keausan karena bekerja extra.

Bos Mercedes, Toto Wolff mengakui bahwa bobot mobil Mercedes yang ada saat ini yakni 728kg dianggap 5 kg lebih berat dari yang seharusnya. Oleh sebab itu tim Mercedes tengah berupaya untuk mengurangi berat tersebut.

“Saya belum ingin membahas terlalu detail tentang hal ini, tapi itu memang hal yang perlu ditingkatkan,” kata Wolff dilansir dari Motorsport, Kamis (30/3).

“Dengan peraturan baru dan ukuran mobil, kita perlu mengimbangi pada bagian kinerja dan berat mobil. Dan itu merupakan sesuatu yang berkesinambungan yang terus kami lakukan,” paparnya.

Mercedes bukanlah satu-satunya tim yang dibuat sakit kepala mengenai bobot mobilnya. Red Bull juga ditengarai mengalami masalah yang sama pada bobot mobilnya.

Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa Red Bull tidak mengejar sistem suspensi yang lebih kompleks setelah tindakan keras FIA, salah satu alasanya karena berat mobil mereka sudah mulai merangkak naik.

Force India juga memiliki keprihatinan besar tentang berat mobilnya, bahkan mobil berwarna pink itu memerintahkan pembalapnya untuk melakukan diet demi mengurangi bobot mobil saat melaju.

Jangan sampai ketinggalan berita motor sports terbaru lainnya.