Marquez dan Lorenzo Minat Gunakan Rem Jempol

MotoGP, HokiGol – Rem jempol kembali menarik minat para rider MotoGP seiring pelarangan winglet yang diterapkan oleh MotoGP mulai musim 2017 ini. Dua rider papan atas MotoGP, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo, diketahui akan melakukan uji coba rem jempol pada tes pramusim kedua di Phillip Island, 15 – 17 Februari mendatang.

Marquez dan Lorenzo Minat Gunakan Rem Jempol

Kedua pembalap itu tertarik untuk menggunakan rem jempol untuk memudahkan mereka mengontrol rem belakang saat menikung.

“Kadang-kadang ketika terlalu membungkuk, sangat sulit untuk menggunakan rem belakang dan, mungkin, dengan rem jempol, saya bisa mendapatkan sebaliknya,” kata Marquez dilansir dari Todomotocircuit, Sabtu (11/2).

Rem jempol mendapatkan ketenarannya pada tahun 90-an, ketika Mick Doohan memilih menggunakan rem itu sebagai solusi pengeremannya, setelah ia mengalami cedera yang hampir merenggut kakinya.

Menurut laporan wartawan olahraga, David Emmett, saat ini pembalap di grid MotoGP yang secara konsisten menggunakan rem jempol hanya Andrea Dovizioso. Menurut Emmet rem jempol dipilih karena pembalap bisa menempatkan kakinya di pijakan kaki sebelum memasuki tikungan, dan berhenti ketika telah memasuki tikungan.

“Saat ini, satu-satunya pembalap MotoGP yang menggunakan (rem jempol) terus menerus adalah Andrea Dovizioso,” ungkap Emmett.

Selain Marquez, pembalap baru Ducati, Jorge Lorenzo juga menegaskan bahwa ia akan mencoba rem ini saat tes berikutnya di Australia.

Jangan sampai ketinggalan berita motor sports terbaru lainnya.