Mantan Presiden UEFA Meninggal Dunia

UEFA, Hokigol – Mantan Presiden UEFA Meninggal Dunia. UEFA berduka sesudah mantan presiden, Lennart Johansson meninggal dunia di usia 89 tahun.

Mantan Presiden UEFA Meninggal Dunia

SVFF mengklaim bahwa mantan presiden UEFA periode 1990-2007 itu meninggal dunia pada Selasa (4/6) malam waktu setempat karena sakit.

Johannson adalah sosok penting di UEFA sekaligus sepak bola dunia. Bukan hanya jadi presiden terlama dalam sejarah organisasi (17 tahun), tetapi juga mengingat dia adalah penggagas era baru dalam Liga Champions.

Di bawah kepemimpinannya, Piala Champions berganti nama menjadi Liga Champions pada tahun 1992. Format baru dibentuk dan keikutsertaan tim diperluas, menjadikan Liga Champions sebagai turnamen antar klub Eropa terelit. Tak mengejutkan, Johannson disebut sebagai “Bapak Liga Champions”.

Rezim Johansson juga menghadirkan perubahan dalam tubuh UEFA, dari yang sebelumnya hanya badan administratif menjadi perusahaan komersial yang bisa mengatur segala urusan sepak bola di Eropa. Seiring dengan transformasi tersebut, kantor pusat UEFA pindah dari Bern ke Nyon.

“Saya begitu sedih dengan berita meninggalnya Lennart Johansson,” ungkap presiden FIFA, Gianni Infantino. “Dia merupakan sosok teman, yang bijaksana dan menginspirasi. Lennart selalu menjadi teladan dalam hal profesionalisme dan kemanusiaan.”

Johansson sempat menjadi wakil presiden FIFA, tetapi kalah bersaing dengan Sepp Blatter saat mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1998. Dia mengakhiri jabatannya sebagai presiden UEFA pada tahun 2007 sesudah dilengserkan Michael Platini dan lantas diangkat sebagai presiden kehormatan UEFA.

Lahir di Stockholm, Johannson adalah fans loyal AIK dimana dia menjadi chairman klub pada tahun 1967 hingga 1980. Dia lantas menjadi presiden SVFF sebelum menjabat sebagai presiden UEFA.

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.