Lee Chong Wei Kembali Rebut Status No.1 Dunia

Badminton, Hokigol – Pebulutangkis kawakan Lee Chong Wei hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk merebut kembali status pemain terbaik dunia. Tunggal putra andalan Malaysia ini sukses menyalip pemain Tiongkok, Chen Long.

Kepastian Chong Wei kembali merebut status tunggal putra terbaik dunia didapat usai Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) merilis daftar ranking terbaru, Kamis 9 Juni 2016.

Lee Chong Wei Kembali Rebut Status No.1 Dunia

Kesuksesan Chong Wei merebut gelar keenamnya di ajang BCA Indonesia Open Super Series Premier, pekan lalu, membuatnya kini mengoleksi 94.453 poin. Dia berhasil mengungguli perolehan poin Chen Long (88.944) yang kini harus turun ke posisi dua.

Status nomor satu dunia yang kini kembali digenggamnya jelas memberikan dorongan motivasi buat Chong Wei. Seperti diketahui, atlet berusia 33 tahun ini tengah mengincar medali emas pertamanya di ajang Olimpiade yang akan digelar di Rio De Janeiro, Brasil, Agustus nanti. Sejauh ini, Chong Wei baru mengoleksi dua medali perak Olimpiade.

Keberhasilan Chong Wei kali ini tentunya bisa menjadi inspirasi buat para pebulutangkis lain. Di usianya yang sudah menginjak 33 tahun, Chong Wei tidak lantas patah arang saat divonis positif menggunakan doping pada September 2014.

Hukuman larangan bertanding selama delapan bulan yang harus dijalaninya tidak melunturkan cita-cita yang belum dicapainya di arena bulu tangkis. Chong Wei terus berlatih hingga akhirnya bisa kembali bertanding pada Mei 2015.

Ajang Piala Sudirman 10-17 Mei menjadi momen comeback buat Lee Chong Wei yang ketika itu harus menerima fakta posisinya di ranking dunia melorot ke angka 46.

Perlahan tapi pasti, dia berhasil memperbaiki posisinya dengan memenangi sejumlah turnamen. Hingga akhirnya, kesuksesannya menjadi juara di BCA Indonesia Open Super Series Premier di Istora Senayan, pekan lalu, membawanya kembali merebut status sebagai nomor satu dunia.

Selain Chong Wei, tidak ada banyak perubahan dalam daftar 10 besar rangking teratas dunia. Lin Dan masih setia menempati posisi tiga. Adapun, tunggal putra terbaik Indonesia, Tommy Sugiarto tidak beranjak dari peringkat delapan dunia.

Jangan sampai ketinggalan berita badminton terbaru lainnya.