Italia, HokiGol – Juventus meraih kemenangan 3-0 atas Bologna pada partai lanjutan Serie A di Juventus Stadium, Minggu (8/1/2017).

Dua dari tiga gol Juventus dicetak oleh Gonzalo Higuain. Satunya berasal dari tembakan penalti Paulo Dybala.

Juventus Menang Telak atas Bologna

Dwigol ini menjadi kali keempat buat Higuain selama membela tim juara bertahan Serie A. Lebih hebat lagi, dia melakukan dua di antaranya dalam tiga pertandingan terakhir.

Keunggulan Juventus turut terpapar dalam statistik versi Lega Serie A. Mereka menguasai 56 persen permainan dan melepaskan empat tembakan tepat sasaran dari sebelas percobaan.

Di sisi lain, tim tamu menebar tiga tendangan ke arah gawang dari lima usaha.

Percobaan pertama Juventus langsung menuai hasil pada menit ketujuh. Sebuah umpan lambung dikirimkan Miralem Pjanic ke kotak penalti berlanjut dengan tembakan voli Higuain.

Bola yang sempat membentur tanah, sebenarnya masih berada di dalam jangkauan penjaga gawang Antonio Mirante. Hanya, laju terlampau deras sehingga menembus jala Bologna.

Intensitas serangan tim berjulukan I Bianconeri tak lantas menyurut meski sudah unggul satu gol. Hanya delapan menit berselang, Higuain kembali menebar ancaman yang arahnya masih melebar.

Usaha Juventus baru kembali menghasilkan empat menit menjelang babak pertama habis. Pasukan Massimiliano Allegri mendapatkan hadiah penalti setelah Stefano Sturaro dijatuhkan di kotak terlarang.

Dybala maju sebagai eksekutor dan mengarahkan bola ke pojok kanan gawang. Adapun Mirante bergerak ke arah sebaliknya.

Eksekusi ini melanjutkan kesempurnaan Dybala. Dari sebelas penalti yang dijalankannya di Serie A, striker asal Argentina itu tidak pernah gagal.

Berkat lesakan Dybala pula, Juventus menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-0.

Inisiatif serangan kembali diambil I Bianconeri setelah jeda. Hasilnya, mereka mencetak gol ketiga saat babak kedua baru berlangsung sembilan menit.

Lewat serangan balik, Stephan Lichsteiner melakukan penetrasi dari sisi kanan. Umpan silang dia dituntaskan Higuain dengan tandukan ke gawang Bologna.

Aksi Higuain selesai sampai di situ. Dia harus memberikan tempat kepada Mario Mandzukic pada menit ke-73.

Pemilik nama terakhir gagal mendapatkan peluang berbahaya pada sisa waktu. Maklum, para pemain Juventus lainnya telanjur mengendurkan ancaman pada 15 menit terakhir.

Juventus pun menutup laga dengan skor 3-0.

Kemenangan ini mengokohkan posisi Juventus di puncak klasemen dengan koleksi 45 poin dari 18 pertandingan. Mereka mengantongi keunggulan empat angka atas AS Roma, yang menjalani satu laga lebih banyak.

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.