FIFA Telah Cabut Sanksi Lionel Messi

Gosip Bola, HokiGol – Lionel Messi dijatuhi sanksi karena dianggap melakukan penghinaan terhadap ofisial kala tim nasional Argentina mengalahkan Chile 1-0 pada Maret 2017 lalu. Bintang Barcelona itu diberikan sanksi larangan bermain di laga internasional bersama Tim Tango.

FIFA Telah Cabut Sanksi Lionel Messi

Sanksi itu mulai berlaku saat Argentina melawan Bolivia pada akhir Maret lalu. Pihak timnas Argentina pun langsung mengajukan banding ke FIFA. Meskipun Messi tidak bermain di laga versus Bolivia tersebut, namun kini dia bisa kembali membela Albiceleste usai bandingnya diterima oleh FIFA.

“Komite Banding FIFA telah menerima banding yang dilakukan oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA), atas nama pemain Lionel Messi melawan keputusan yang diberikan oleh Komisi Disiplin FIFA, mencabut sanksi yang telah diberikan kepadanya,” bunyi pernyataan resmi FIFA.

“Setelah melakukan dengar pendapat yang dilakukan di Zurich pada 4 Mei 2017, Komisi Banding telah menghapuskan keputusan yang diberikan oleh Komite Disiplin FIFA pada 28 Maret 2017, yang merupakan aplikasi dari pasal 77 a) dari Kode Disiplin FIFA (FDC), yang menganggap Lionel Messi bersalah karena melanggar pasal 57 dari FCD karena dianggap memberikan kata-kata hinaan kepada asisten wasit.”

“Meskipun Komite Banding FIFA menganggap sikap Lionel Messi bersalah, namun Messi menyimpulkan bahwa bukti yang tersedia tidak cukup untuk diberikan sanksi yang sesuai standar, sebagai contoh yang senada dengan anggota Komisi Banding, bahwa pasal 77 a) dari FDC, yang menurut Komite Disiplin bertanggung jawab atas sanksi pelanggaran serius karena lolos dari perhatian ofisial pertandingan, maka bisa diterapkan.”

“Oleh karenanya Komite Banding menegaskan pentingnya selalu menunjukkan rasa hormatkepada ofisial pertandingan, menekankan bahwa prinsip seperti itu penting dalam sepak bola dan sikap yang berseberangan dengan prinsip-prinsip fair play tidak bisa diterima.”

“Pandangan dalam keputusan di atas, sanksi larangan bertanding kepada Lionel Messi, yang dijatuhkan pada 28 Maret 2017 dan denda sebesar Rp134 juta telah dicabut.”

Dengan keputusan tersebut, artinya pemain FC Barcelona itu bisa membela Argentina di laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Uruguay, Venezuela dan Peru, yang sebelumnya dilarang sebagai akibat dari sanksi tadi.

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.