Elena Vesnina Tembus Peringkat 20 Besar

Tenis, HokiGol – Petenis asal Rusia, Elena Vesnina, memulai musim 2016 dengan ranking di luar 100 besar. Akan tetapi, di akhir musim ini ia berhasil menembus peringkat 20 besar dan bahkan melakoni semifinal Grand Slam perdananya.

Elena Vesnina Tembus Peringkat 20 Besar

Fakta singkat Elena Vesnina – 2016:

Peringkat di pekan pertama : peringkat 115

Peringkat di akhir tahun : peringkat 16

Highlight musim ini : final Charleston, perempatfinal Doha, perempatfinal Eastbourne, fase grup Zhuhai

Prestasi terbaik Grand Slam : semifinal Wimbledon

Berada di luar ranking 100 besar untuk pertama kalinya, Vesnina terpaksa melalui babak kualifikasi di Australian Open dan sempat merosot ke peringkat 122 bahkan sebelum memasuki bulan Februari.

“Saya pikir akan sulit bagi saya untuk kembali ke peringkat terbaik saya, dan saya merasa bahwa saya harus memenangkan banyak pertandingan,” ungkap petenis berusia 30 tahun tersebut kepada WTA Insider ketika melakoni US Open.

“Saya pikir saya telah melakukan dengan baik secara mental, tidak banyak menekan pada diri saya sendiri, dan saya mengatakan pada diri saya, ‘Jika kau tampil baik, kau bisa kembali. Jika tidak, maka itu yang kau dapatkan’. Anda harus membuktikan pada diri anda sendiri bahwa anda layak untuk berada di sana. Itu adalah momen yang sangat sulit di awal tahun ini,” ungkap Vesnina.

Dari momen sulit tersebut, Vesnina mendapatkan kemenangan pertama melawan petenis ranking 10 besar sejak tahun 2013 – mengalahkan Simona Halep yang saat itu berada di peringkat 3 di Doha – dan lolos ke final Volvo Car Open. Prestasi di awal tahun tersebut membawanya ke semifinal Wimbledon, setelah ia mengalahkan rekannya di nomor ganda, Ekaterina Makarova dan Dominika Cibulkova.

“Sungguh mengesankan bagaimana tenis bisa memberi anda kemungkinan seperti ini, karena anda bisa berusaha dan berusaha, dan jika anda cukup berani, maka anda akan mencapainya. Tidak masalah berapa usia anda, tetapi tentunya saya lebih mengapresiasinya sekarang daripada ketika saya mendapatkannya ketika saya berusia 20 tahun. Saya lolos ke babak keempat Australian Open ketika saya berusia 19 tahun, dan bagi saya itu seperti keajaiban. Tetapi saya tidak menyadari bagaimana hal itu terjadi,” jelas Vesnina.

“Sekarang saya telah bekerja keras melewati begitu banyak momen yang menyulitkan, memperbaiki permainan saya dan juga mental saya. Sekarang saya lebih mengerti mengapa hasil yang baik bisa terjadi,” tambah Vesnina, yang membawa pulang medali emas Olimpiade Rio dan trofi WTA Finals di nomor ganda bersama Makarova.

Jangan sampai ketinggalan berita tenis terbaru lainnya.