Denis Shapovalov Didenda Oleh Wasit Brian Earley

Tenis, HokiGol – Denis Shapovalov didenda sebesar 7.000 USD setelah bola yang dipukulnya mengenai mata wasit Arnaud Gabas dalam pertandingan Davis Cup antara Kanada melawan Inggris, seperti dilansir dari pernyataan International Tennis Federationa (ITF).

Denis Shapovalov Didenda Oleh Wasit Brian Earley

Petenis berusia 17 tahun asal Kanada tersebut memukul bola dengan penuh amarah di set ketiga pada pertandingan penentu melawan Kyle Edmund. Bola yang dipukulnya mengenai mata wasit Gabas dan Shapovalov pun segera didiskualifikasi atas aksinya tersebut.

Shapovalov bisa saja didenda hingga 12.000 USD di tempat oleh wasit Brian Earley, tetapi karena bukan perbuatan yang disengaja, dendanya pun menjadi 7.000 USD.

ITF bisa mengambil langkah lebih jauh dengan denda yang lebih besar atau bahkan larangan bertanding, tetapi juru bicara dari ITF menyatakan bahwa mereka tidak akan mengantisipasi hukuman tambahan .

Setelah insiden tersebut, Gabas segera dibawa ke rumah sakit umum Ottawa untuk pemeriksaan lebih lanjut, tetapi tidak ditemukan kerusakan pada kornea ataupun retinanya. Ia akan menemui dokter mata pribadinya di Perancis pada hari Selasa (07/02) untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Insiden tersebut tentunya menjadi pelajaran besar bagi Shapovalov, juara Wimbledon kategori junior dan salah satu bakat muda bersinar di dunia tenis.

Ia dengan segera meminta maaf kepada Gabas, lalu duduk dengan kepala ditopang tangannya, sementara sang wasit menenangkan dirinya untuk mengumumkan akhir dari pertandingan, sehingga meloloskan Inggris ke perempatfinal dan siap melakoni laga tandang di Perancis pada bulan April mendatang.

“Saya benar-benar merasa malu dan saya merasa buruk dengan mengecewakan tim maupun negara saya, untuk aksi yang sebenarnya tidak ingin saya lakukan,” tutur Shapovalov dengan emosional.

“Saya menjanjikan bahwa itu adalah terakhir kalinya saya melakukan hal seperti itu. Saya akan belajar dari pengalaman ini dan berusaha untuk melangkah maju.”

Insiden Shapovalov hampir tidak mengubah hasil dari pertandingan, setelah Edmund unggul dengan 6-3, 6-4, 2-1 dan tampaknya berada di jalur yang tepat untuk merebut kemenangan.

Jangan sampai ketinggalan berita tenis terbaru lainnya.