Cesc Fabregas Lolos dari Hukuman FA

Inggris, HokiGol – FA selaku federasi Inggris baru saja mengeluarkan pernyataan pada laman resminya terkait keributan yang mewarnai laga Manchester City melawan Chelsea. Berikut pernyataan FA terkait insiden pada pertandingan tersebut.

“Manchester City dan Chelsea telah didakwa karena gagal menjamin pemain mereka dalam menahan diri dari perilaku provokatif. Hal ini sesuai dengan insiden menit ke-95 pada pertandingan Sabtu 3 Desember. Kedua klub mempunyai waktu sampai pukul 18.00 pada 8 desember 2016 untuk memberikan respon atas dakwaan tersebut.

Cesc Fabregas Lolos dari Hukuman FA

“Sementara itu, pemain Chelsea, Cesc Fabregas, tidak akan mendapat tindakan lebih lanjut dalam kaitannya dengan insiden yang melibatkan pemain City, Fernandinho. Insiden tersebut tidak terlihat oleh petugas pertandingan waktu itu seperti yang disebutkan oleh panel wasit yang diisi oleh tiga mantan wasit elit.”

“Setiap anggota panel wasit akan meninjau rekaman video secara independen satu sama lain untuk menentukan apakah mereka menganggap itu pelanggaran atau bukan. Tindakan retrospektif akan diambil, dan dakwaan FA akan mengikuti, keputusan panel harus dengan suara bulat.”

Selain itu, kabar buruk harus diterima oleh Manchester City terkait dua pemain mereka Sergio Aguero dan Fernandinho yang terlibat atas insiden pada pertandingan tersebut. Sergio Aguero dihukum selama empat pertandingan tidak boleh bermain, akibat tekel keras yang dilakukannya kepada David Luiz. Pelanggaran Aguero inilah yang memicu keributan antar pemain pada pertandingan tersebut.

Hukuman ini menjadi yang kedua bagi Aguero, setelah sebelumnya ia juga dihukum setelah menyikut Winston Reid pada laga Manchester City melawan West Ham United. Aguero akan absen dalam empat laga berikutnya yang akan dijalani City di liga yaitu melawan Leicester City, Watford, Arsenal dan Hull City.

Sementara itu Fernandinho yang terprovokasi oleh Fabregas dengan mencekik dan mendorongnya pada pertandingan tersebut dihukum selama tiga pertandingan tidak boleh bermain. Artinya Fernandinho akan absen pada laga City melawan Leicester City, Watford dan Arsenal. Pada boxing day melawan Hull City, Fernandinho sudah bisa kembali bermain.

Kehilangan Aguero dan Fernandinho tentu akan menjadi kerugian besar bagi City dalam upaya mereka untuk meraih gelar juara Liga Premier Inggris. Ditambah lagi kedua pemain tersebut tidak bisa bermain ketika City menghadapi Arsenal yang merupakan salah satu pesaing mereka dalam meraih gelar juara liga.

Kedisiplinan di lapangan sepertinya menjadi masalah bagi City musim ini. Bagaimana tidak, sepanjang musim ini para pemain City sudah mendapatkan lima kartu merah di semua kompetisi. Nolito mendapatkan kartu merah pada laga melawan Bournemouth, Claudio Bravo dalam laga melawan Barcelona di Liga Champions, Fernandinho juga dalam laga liga Champions melawan Borussia Moenchengladbach, dan yang terbaru Aguero dan Fernandinho pada laga melawan Chelsea.

Ditambah lagi dengan koleksi kartu kuning mereka sebanyak 39 kartu kuning sepanjang musim ini berjalan di semua kompetisi. Hal ini tentu harus dibenahi oleh Guardiola. Jika tidak, tentu akan sangat merugikan Manchester City.

Jangan sampai ketinggalan berita bola terbaru lainnya.