Aleix Espargaro Ungkap Kelemahan Motor Barunya

MotoGP, HokiGol – Pada hari ketiga tes pramusim 2017 di Sepang, rider tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, menjadi tercepat ke-13. Kendati cukup puas dengan catatan waktunya, Aleix Espargaro mengaku tunggangan anyarnya masih memiliki banyak kekurangan.

Aleix Espargaro Ungkap Kelemahan Motor Barunya

Di hari ketiga pengujian pramusim 2017 di Sepang, hampir semua pebalap mencatatkan waktu dengan selisih satu detik satu sama lain, termasuk rider tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, yang menjadi tercepat ke-13. Namun, rupanya RS-GP untuk musim 2017 masih memiliki banyak kekurangan.

“Saya puas dengan ketiga hari pengujian. Motor versi 2017 saya sudah bagus dan sudah jauh berkembang ketimbang dengan satunya yang saya jajal di Valencia dan Jerez. Tapi bagaimanapun juga, kami masih perlu memperbaikinya agar bisa bersaing dengan para motor tercepat, meski motornya punya keunggulan di bagian frame.

Lebih lanjut, Aleix Espargaro menuturkan lajunya saat melakoni simulasi race di Sepang sudah cukup memuaskan.

“Begitulah (saat ditanya soal putaran panjang). Saat sore saya melakukan simulasi race dan lajunya sudah bagus. Kecelakaannya (Tito Rabat) sangat mengerikan. Tentunya banyak area yang masih perlu perbaikan, terutama power distribution dan stabilitas akselerasi.

“Di Perugia Wind Tunnel, kami mengerjakan part fairing aneh yang akan kami jajal di Australia. Bagian itu seharusnya akan menggantikan fungsi dari winglet sekitar 60%. Soal mesinnya, masih sangat perlu peningkatan, terutama akselerasinya. Tapi frame dan paket elektroniknya susah sangat oke.”

Berbeda dengan rekan baru sekaligus seniornya, pebalap anyar Aprilia Racing, Sam Lowes, lebih memilih untuk tidak menghiraukan catatan waktunya.

“Saya berhasil mengurangi selisih waktu dengan para leader dan itulah yang terpenting. Kami sudah melakukan langkah yang tepat. Semuanya terasa baru bagi saya, jadi saya berusaha mempelajari sesuatu yang baru di tiap putarannya.

“Seperti itulah (saat ditanya soal putaran panjang). Sekarang saya jadi tahu kalo mengunggangi motor MotoGP di Sepang itu sangat menuntut kondisi fisik dan mental, tapi saya puas dengan hasilnya. Klasemen bukanlah target kami untuk saat ini. Kami masih punya enam hari pengujian jelang race pembuka di Qatar, dan saya pun optimis kami bakal siap disana nanti.”

Jangan sampai ketinggalan berita motor Sports terbaru lainnya.